Hallo, Apa kabarnya teman - teman semua? baik ya. Gimana masih dalam perjuangan bukan? kalau iya sama dong seperti gw, hehehe. Eh ternyata blog ini sudah istirahat panjang sekali... sejak lahir tahun 2013 kala itu masih semangat - semangatnya ngeblog, sekarang gw mau mencari hal itu kembali dengan mereview Website Pembelajaran yang powerfull, di balik penampilannya yang sederhana terdapat ilmu yang melimpah ruah wahhhh..

Website apa itu? Sudah jelas bukan dari judulnya, Yak Ituh Zenius.net merupakan website belajar online yang di buat dalam bentuk video yang isinya dari SD sampai SMA + Materi SMA di Ringkas dalam SBMPTN Yang paling berbeda dengan website pembelajaran lainnya Zenius punya mindset learning yaitu Zenius Learning.

Zenius bukan hanya materi pembelajarannya yang powerfull, Zenius juga punya blog yang keren bukan soal penampilan ini soal konten yang diciptakan oleh para Author, Gw pertama kenal Zenius juga dari Artikel blognya yang keren yang bikin gw kepo banget dah, mantap.

Dalam artikel ini gw akan mereview produk - produk, selain itu gw jga mau ngereview akun socmed sama beberapa mentor zenius yang menurut gw cara ngajarnya bikin gw ngena banget beda sama guru biasa di sekolah, apalagi Founder Zenius Sabda PS yang paling berkontribusi besar buat zenius dari ngajarnya sampe motivasinya.

Daftar Isi Content

Langsung saja, sekarang gw langsung aja ngereview website Zeniusnya ya, hehehe yang gw tau aja ya, kalau ada sesuatu yang kurang itu diluar pengetahuan gw.

Reviews Zenius.Net

ZeniusNet

Kapan pertama kali lu tahu website zenius? Kalau Gw sih, dari social media hahha, sering main socmed ketahuan nih Gw, iyaaah Artikel dari Blog Zenius kira - kira satu setengah tahun yang lalu, Artikel Blog Zenius membuat rasa ingin tahu gw muncul  sejak saat itu kira - kira tentang strategi ber sbmptn gitu, secara nggak sengaja gw masuk lingkup orang - orang yang berjuang dalam SBMPTN, eh gw terusin baca artikel zenius yang terkait tapi karna gw sedang fokus sekolah ningkatin kemampuan skill yang ingin gw tingkatin jadi gw gak terlalu sadar bahwa SBMPTN sangat menentukan.

Website Zenius ini awalnya bisa di tonton secara langsung gratis tanpa perlu login, kalau lu pengen menggunakan Zenius secara full tanpa batasan apapun lu bisa beli Voucher Zenius yang tersedia di websitenya langsung pesan secara online dengan cara menghubungi CS Zenius ataupun pesan langsung jika lu udah punya akun zenius ke link berikut https://www.zenius.net/voucher-purchase-online.

Selain itu Voucher Zenius bisa dibeli langsung di Outlet Zenius di Gramedia dan Reseller yang sudah tersebar di Seluruh Indonesia, Nanti akan gw beri link lengkap di mana aja terdapat Reseller dan Outlet Gramedia di Review Xpedia 2.0 ya. Materi belajar yang dimiliki Zenius jga banyak dari SD sampai SMA, lu bisa akses sepuasnya kapanpun kalo udah punya voucher zenius.

Terus itu Zenius jga punya forum untuk saling bertanya dan berdiskusi tentang apapun itu asal masih dibatas kewajaran ya. Forum Zenius Club hanya di khususkan untuk pengguna xpedia 2.0 kalau lu nggak beli produk xpedia 2.0 nggak punya hak buat ngakses zenius club, tapi zenius club cuman bisa di 'intip' kok. Di Zenius Club juga kadang ada pemberitahuan event – event tertentu, gabung grup chatting line salah satunya, di Zenius Club Administratornya Kak Nurul, jadi kalau lu nanya tentang sesuatu yang bisa dijawab pasti dijawab sama kak Nurul, Selain itu ada juga mentor mentor lainnya kayak kak johan, kak ivan, kak yoki juga ada kadang-kadang, ya nanya tentang pelajaran sih yang paling sering, kadang ada juga yang curhat~

Buat ke forum tersebut klik link berikut Zenius Club.

Oke, gw lanjut ke review selanjutnya yang dalam bentuk point demi point, terus gw selipin pengalaman gw selama ini menggunakan zenius.

Belajar Online Zenius.Net

  • Belajar Foundation Mindset
Selain materi belajar yang dari SD sampai SMA, Zenius punya sesuatu yang bener bener bisa membuat lu punya cara berpikir yang lebih baik dan perspektif tentang dunia sekitar yang lebih luas lagi dari Zenius,yaitu dengan materi  Zenius Learning berguna banget deh buat sebelum belajar lebih banyak hal lagi, karena di sini banyak hal yang di jelasin seperti di gambar di bawah daftar apa aja yang diberikan di Zenius.
Dari sini gw belajar banyak tentang sesuatu yang sebelumnya belum gw dapet dari banyak pembelajaran sebelumnya, di Zenius Learning Tutornya Bang Sabda, Buat Awal gunain Zenius lebih baik review ini dulu! gw juga dulu review ini dulu meskipun dulu udah agak mepet waktunya. Kalau mau tau langsung isinya apa aja langsung check link Zenius Learning berikut.

Produk Zenius lainnya yaitu Xpedia 2.0, akan sangat lengkap bagi kalian yang mau persiapan masuk PTN seperti gw ini hehehe.



Materi SMA terdiri dari 3 Kurikulum, yaitu KTSP, K13, K-13 Revisi. setelah gw cek materinya nggak berbeda antara satu dengan yang lainnya, Yang berbeda penyusunan materi yang beda tergantung kurikulumnya apa.

  • Soal yang Bisa di Download Langsung
Download Soal

Ya di Zenius lu di bebaskan untuk mendownload soal gratis nggak perlu daftar segala juga bisa tapi ya kalau mau lihat pembahasan lu harus punya premium akun dulu, di Zenius soal - soal yang dimiliki cukup lengkap banyak pokoknya dari soal zaman spmb sampe sekarang sbmptn tersedia, soal per bab juga ada kok! di Zenius jga di beri pencarian ke halaman pembahasan yang telah lu download misal lu udah download soal matematika sbmptn 2016 nggak perlu ke link langsung cukup copy kode konten kemudian paste kan deh kodenya.

Daripada koleksi soal tapi nggak dikerjain mending download langsung kerjain dah tapi sebelumnya kita nge-plan dulu aja mau latihan apa biar nggak lebih nyaman kalau cuman asal pilih nanti bingung sendiri kek gw kebanyakan download soal kadang bingung mau latihan soal yang mana.


  • Belajar dengan Konsep 
Di Zenius awalnya gw jga nggak begitu tertarik tapi setelah gw review salah satu video yang dimiliki zenius wahh ternyata cara ngajarinnya nggak ngebosenin, nggak terlalu banyak hafal langsung konsep materi yang di ajarin seperti yang udah dijelasin zenius learning di situ zenius udah ngejelasin bagaimana cara belajar yang bener, Mind Transforming banget, nah dengan zenius kita bisa langsung paham apa yang di ajarin jadi seru deh cara belajarnya, kita jadi lebih ketagihan belajar karena cara ngajarnya yang asik, biasanya kan di sekolah ngajarnya yang penting nilai bagus nah itu gurunya kurang bisa memberi esensi dari belajar itu sendiri, tapi di zenius kita belajar dari konsep belajar itu sendiri.  

Gw belajar ya semaunya gw aja dulu mah soalnya nggak ada seru-serunya pelajaran lain selain matematika menurut gw dulu ya, sekarang ya karena SBMPTN jadi harus banyak belajar lagi deh, tapi dengan belajar SBMPTN ini, semakin kesini mindset dan kebiasaan gw udah mulai berubah ke arah yang lebih baik, perubahan itu juga dari gw belajar dari Zenius yang ngasih mindset dan pandangannya dalam belajar yang lebih lagi maupun itu dari blognya ataupun dari Zenius Learning.

  • Belajar Online dengan Perangkat apapun
Zenius selain bisa belajar melalui desktop komputer ataupun laptop kita juga bisa belajar lewat handphone smartphone, jadi lu bisa review zenius di manapun menggunakan dengan handphone gw belum coba sih, tapi belajar dengan zenius itu irit lho nggak makan banyak kuota apalagi dengan handphone belajar nyaman dengan cara lu tersendiri.

  • Belajar dengan Zenius Club

Selain belajar dengan penjelasan langsung dengan mentor lu juga bisa bertanya lho di zenius mantab bukan? meskipun sih jawaban dari para mentor nggak langsung on time, di zenius club juga lu bisa berkumpul dengan teman teman lu yang berasal dari kota yang sama dengan membuat grup chatting, zenius club jga punya grup chatting official dari line, dari sini lu bisa gathering jga lho kemarin saja baru di laknakan gathering pertama zenius club sayangnya gw nggak ikut untuk saat ini di lain kesempatan mungkin gw ikut.

Di dalam Zenius Club terdiri dari channel - channel seperti kategori gitulah, channel - channel yang ada sesuai dengan para pengguna zenius xpedia, ada channel yang baru baru ini dibuat yaitu channel Buktikan! dalam channel ini kita bisa melihat diskusi antara mentor dan para pengguna zenius xpedia lainnya, kalau kita pengguna zenius voucher saja memang nggak bisa ikut nimbrung cukup menyimak saja.

Zenius Club juga punya fitur pencarian yang sangat berguna kalau lu mau nanya tapi bingung kemana terus nggak punya hak buat nyari di zenius club bisa nyari kok, tinggal ketikkan apa yang pengen dicari, banyak orang yang kadang nggak sadar buat gunain fitur ini, jadi sering pertanyaan yang udah di tanyain kembali di pertanyakan... meskipun kadang tetep gw jawab juga sih~

  • Belajar dengan Blog Zenius
O iya selain konten belajar zenius yang lengkap, zenius jga punya blog yang isinya keren menarik, dari sinilah gw tau tentang zenius, pertama kali kira - kira gw baca tentang 7 Langkah Strategis untuk Persiapan SBMPTN  dari situ kan zenius biasanya menaruh beberapa artikel rekomendasi karena ke-kepoan gw yang emang udah cukup besar, gw baca baca deh artikel zenius satu per satu wooh mantap rasanya pengen gw bookmark semua artikelnya hahaha, dari situ jga gw tau zenius punya materi pembelajaran yang banyak banget ya, awal mula gw ragu buat nyoba pake zenius.net sempet mau mesen online eh nggak jadi, tapi setelah beberapa saat kemudian gw beli langsung deh lewat gramedia yang di Tangerang pake voucher 4 bulan buat persiapan sbmptn lumayan banget gw yang belajar yang masih kurang jadi lebih ketagihan sama ilmu pengetahuan dan hasilnya kemarin gw berhasil dapet nilai tertinggi ujian nasional di sekolah sejurusan.

Ya, gw ini SMK cara belajarnya nggak sama kek SMA yang fokus ke akademis gw lebih memperbanyak belajar Akademis jadi ya gitu kemarin gagal deh gw SBMPTN, tapi dengan kemauan dan kemampuan gw berjuang sekarang buat SBMPTN tahun depan, Yeay! (ngalumni nih ciee)

Di Blog Zenius isinya Tips, Insight, History, Biography dan Referensi buku ataupun film lengkap deh bagi kita - kita pelajar yang harus banyak belajar lagi! di Blog Zenius jga terdapat pengalaman orang - orang yang menggunakan Zenius buat belajar, check deh sana!

Berikut ini beberapa artikel bagus dari zenius  :
Bener dah ini artikel membuat gw tau cara ngatur waktu lebih baik lagi, Kalau lu nyimak bener bener artikel ini kemudian mengimplementasikannya di kehidupan nyata pasti ada yang berubah dari kebiasaan kita, hidup bakal lebih produktif dan pastinya kita bisa melakukan hal yang penting untuk masa depan kita.
Tepatnya pake Strategi SMART, baca artikel ini dikombinasiin sama nonton video zenius learning sedapp, cocok banget, buat plan masa depannya.
Yang ini kita bisa tahu tentang apa yang sebenarnya memotivasi belajar kita, artikelnya sedikit berbeda dari yang lainnya, biasanya yang ngomong lu gue disini kak Glenn nulis artikel formal karena sebenarnya emang ditujukan buat para orang tua disana.

Banyak artikel zenius hampir semuanya bagus, jadi bingung gw ngasih rekomendasi ya segitu cukup deh buat awal menelusuri zenius hehe. Oh iya Artikel ini juga bereferensi dari artikel tips menulis artike blog dari blog zenius.

Dari banyak artikel zenius yang udah gw baca zenius bener bener emang membuat artikelnya dengan dalam sudut pandang artikel internet kebanyakan, misalnya artikel tentang sejarah perang dunia 1 di zenius itu bener bener deh dibuat nggak ngebosenin malah jadi suka, jadi artikelnya dibuat dalam sisi yang bikin itu menarik untuk dipelajari ditelusuri.

Jadi kita bisa menemukan sesuatu hal lain yang menarik yang belum pernah kita telusuri dari blog zenius, dari artikel blog zenius yang berjudul 'buat apa kita belajar' aja udah bener bener ngebuka pikiran gw tentang passion, bahwa passion itu sepanjang hidup kita bersifat 'dinamis' artinya selama diri kita masih punya semangat untuk belajar tentang hal baru maka passion yang tersembunyi dalam diri kita akan terus berubah. Yess!!

Selain mempunyai Website belajar secara online Zenius juga memiliki DVD Belajar yang cukup lengkap nggak kalah lengkap dengan website zenius.net yaitu Xpedia 2.0 berikut review gw.

Belajar dengan Xpedia 2.0

Tanpa kenal kuota kita bisa belajar dengan seru menggunakan xpedia 2.0 ini ada banyak jenisnya ini DVD Xpedia 2.0 untuk Alumni (Materi SMA), SMA, SMP, SD tersedia
Xpedia 2.0
Produk Xpedia 2.0 kita bisa dapet kaos jga lho, dapet akses bebas ke forum zenius club (voucher) juga, kalau gw sekarang sedang menggunakan xpedia 2.0 yang paket Alumni isinya materi saintek dan soshum, jadi bisa patungan deh buat beli xpedia 2.0 paket alumni ini sebenernya tapi gw beli sendiri sih, hehehe...

Produk Xpedia 2.0 ini berbentuk DVD yang isinya berisi soal - soal pdf dan aplikasi pembelajaran Multimedia dengan format flash (.exe) jadi nggak berat kok, ringan, laptop sekarang dan komputer sekarang kan udah tinggi semua speknya sedangkan xpedia 2.0 ini udah dibuat lama jadi pasti cocok buatmu.

Di dalamnya juga terdapat Vocab Software dan list vocab dan verbal tpa yang cukup lengkap, tapi sayangnya vocab nggak bisa gw buka di sistem operasi komputer gw , well nggak apa-apa sih masih ada list vocabnya, sistem operasi lu harus windows 7 32 bit kebawah buat menggunakan Vocab software ini, aplikasinya kecil banget sederhana banget hahaha...

Di Produk Xpedia 2.0 juga kan kita dapet voucher zenius selama satu tahun pelajaran, ya durasi setahun, kombinasi zenius.net dan xpedia 2.0 ini lumayan buat amunisi belajar khususnya buat belajar SBMPTN, kalo kalo ada materi yang nggak ada di Xpedia 2.0 bisa dicek langsung di websitenya tapi kalau ada di xpedia 2.0 mending liat langsung di xpedianya deh biar nyimaknya enak. Materi Xpedia 2.0 ini nggak selengkap materi yang ada di Zenius.net seluruh materi di Xpedia ada di Zenius.net tapi di materi Zenius.net tidak seluruhnya ada di Xpedia, karena DVD itu sendiri punya kapasitas masing - masing jadi terbatas atas hal itu, semoga suatu saat zenius mengupdate kembali produk xpedia agar lebih lengkap dan lebih menarik lagi untuk digunakan.

Oh iya enaknya pake ini kita bisa ngeback up materinya jadi bisa di cek kapan aja, tanpa perlu masukin DVD lagi, tapi jangan di salah gunakan loh, kadang ada aja nyari kesempitan dalam kesempatan eh kebalik, ya sudah lupakan. pokoknya jadi lebih efisien aja klo udah punya xpedia 2.0 kita bisa kombinasiin dengan belajar dari zenius.net dan bisa punya komunitas dengan zenius club.

Kita bisa memesannya secara online xpedia 2.0, lewat http://www.zeniusmultimedia.com di sana juga ada info tentang outlet zenius di gramedia dan info reseller di link ini https://www.zeniusmultimedia.com/info-untuk-reseller/ , Kalau gw sih beli di Gramedia kemarin :)).

CD Multimedia
Selain DVD Xpedia ini zenius jga ada produk lainnya yaitu CD Multimedia yang di bagi dalam beberapa mata pelajaran, materinya sudah cukup lama sih tapi udah nggak update lagi materinya alias materi yang dibuat lebih lama daripada di Xpedia 2.0.

Kekurangan

Website

Akses Website Zenius.net cepat sih, tapi saat belajar menggunakan Zenius kadang masih ada bug yang kadang masih terjadi di beberapa link nggak semua, terakhir kemarin gw rasakan di link ini yang sering gw rasain akhir akhir ini adalah ketika gw mengklik untuk pembahasan soal selanjutnya ternyata pembahasan yang muncul malah masih link sebelumnya, mungkin bisa diatasi dengan auto play, Memang dulu juga gw sering mengalami buffering yang lama muncul loading doang videonya nggak muncul, padahal koneksinya lumayan cepat, tapi sekarang sepertinya udah diperbaiki jadi gw udah nggak ngerasain hal tersebut.

Seharusnya ada page tertentu yang gunanya untuk melaporkan kesalahan yang ada, yang ada sekarang belum begitu efektif soalnya video yang ada harus error terlebih dahulu seperti nggak ada koneksi baru bisa muncul link pelaporannya.

Kalau gw bisa kasih saran sih, Zenius supaya penampilan websitenya di perbaharui misalnya dari pemilihan warna websitenya, UI & UX bagian video pembelajarannya. mungkin bagian usernya bisa lebih di tambahin fiturnya supaya bisa tahu tentang pengguna yang lainnya. coba di zenius ada statistik belajar supaya bisa lebih semangat dalam belajarnya nih.

Zenius juga kalau bisa punya sebuah introducing bagaimana cara menggunakan website zenius secara efisien dan efektif, meski udah ada di Zenius Learning tapi belum cukup deh, page ini khusus tentang "How to use this website".

XPEDIA 2.0

Xpedia 2.0 nggak begitu banyak kekurangan udah lumayan powerfull, cuman vocab software yang blum cocok bagi beberapa OS seperti gw yang nggak bisa menggunakan Vocab Software, terus tinggal ditambahi fitur supaya penampilan aplikasi multimedianya interaktif lagi ya, seperti di tambahkan informasi durasi. Oh iya di PDFnya juga kadang masih banyak typonya apalagi typonya jauh banget sama yg di pembahasan.

Materi

Materi Zenius udah cukup banyak tapi harus lebih diperbaharui lagi ada beberapa yang udah usang meski masih worth it, jadi kalau bisa lebih diperbaharui lagi :D :D

Mentor Zenius.Net

Mentor Zenius sendiri cukup banyak paling sering denger suara Sabda sama Wisnu sih, suaranya motivated banget pokoknya apalagi Bang Sabda, di Zenius Learning jelas banget. Kita bisa denger Bang Sabda di Materi Matematika, Fisika, Ekonomi, suaranya paling keras dibandingkan yang lainnya, tapi bukan keras gitu, maksudnya jelas dan tegas cara ngajarnya, nggak berbelit - belit, kebetulan gw suka Matematika juga hohoho, Meskipun kadang ada salahnya juga, tapi dari Bang Sabda gw banyak belajar apalagi dari Zenilus Learningnya.

Kalau Bang Wisnu sendiri gw denger di Matematika juga hohoho, Dia juga banyak ngajar di materi SMA, Bang Wisnu lebih kalem dari Bang Sabda. Selain 2 Orang diatas, ada lainnya jga yang gw denger ada kak Wilo yang paling di sukai oleh para pengguna laki - laki Zenius, kak Donita yang jelas banget ngejelasin bahasa inggrisnya, kak Yoki yang ngajarnya tahan lama bener per video bisa lebih dari 10 menit Semangat!, kak Pras Kak Izul, kak Ivan suaranya paling beda dengan yang lainnya hahaha.

Ada lainnya juga ngajar soshum tapi gw nggak tau, dari semuanya yang pernah gw denger dan nyimak cara ngajarnya semuanya punya ciri khas masing - masing dan kapasitas yang udah terjamin dan lu bakal nggak susah buat paham materi yang di ajarinya.

Social Media Zenius

Zenius selain menginspirasi lewat blognya mereka juga memiliki Akun Social media yang patut buat di ikuti karena dari situ kita bisa selalu update ilmu pengetahuan dan artikel terbaru dari blog zenius, akun facebooknya akhir - akhir ini ada tips trik menghadapai SBMPTN yang langsung di siarkan secara live dari markas zenius, jadi kita semua bisa menyimak secara seksama dan dalam tempo yang sesingkatnya, #eh, bisa di download dan di simpan juga kok kek gw yang memilih buat di download kemudian tonton aja deh, kalau live langsung takutnya buffering dan boros kuota namanya streaming ya. Selain Tips trik langsung dari mentor zenius kemarin - kemarin berbagi insight dalam bentuk video.

Kesimpulan

Akhirnya selesai,  Dari review dan cerita gw yang sudah gw jelaskan, menurut gw zenius salah satu tools terbaik yang bisa membantu kita dalam belajar bahkan dalam perubahan berpikir menjadi lebih baik lagi, gaya belajar yang lebih enak, lebih ingin banyak belajar lagi, sejauh ini manfaat tersebut lah yang yang gw dapatkan tapi kalau kita tidak serius dalam belajar dan nggak begitu komitmen, hasilnya pun bisa bisa bakal nggak sesuai harapan. Yah makannya kalo udah komitmen serius jalanin terus meskipun ada badai dan terjangan ombak di sana! seorang pelaut kuat tidak akan terbentuk dari laut yang damai. Yahahaha!

Ada quote yang cocok nih buat kesimpulan yang gw buat.

Quota Kak Donna

Jadi Belajarlah dengan konsep dan komitmen yang konsisten. gw akhiri review ini kalau ada kesalahan kata - kata dan dalam tulisan mohon dimaafkan gw yang masih pemula ini. :) 
Wassalam.

source
image: zenius.net/
Judul : Belajar Konsep bareng dengan Zenius.net
Di Tulis Oleh:MRizal Wrc
URL : http://bocahporis.blogspot.com/2016/12/belajar-konsep-bareng-dengan-zeniusnet.html
Date Published : 09:00
Desription :Hallo, Apa kabarnya teman - teman semua? baik ya. Gimana masih dalam perjuangan bukan? kalau iya sama dong seperti gw, hehehe. Eh ternyata b...
Rating Blog: 5 dari 5